(0335) 8401552 bkpsdm@probolinggokab.go.id Jl. Raya Panglima Sudirman No. 134 Kraksaan-Probolinggo
Berita

BKD ADAKAN MEGENGAN

Ramadhan bulan  penuh Rahmat, ampunan Allah SWT. Sebulan penuh kita akan berpuasa menahan makan dan minum, dan juga mensucikan diri dengan menahan segala nafsu, sampai saatnya hari kemenangan yakni hari raya Idul Fitri pada tanggal  1 Syawal. Menjelang bulan tersebut banyak tradisi yang di lakukan oleh masyarakat Jawa, tradisi megengan adalah salah satunya.

Menjelang bulan Ramadhan tahun ini, segenap karyawan dan karyawati Badan Kepegawaian Daerah mengadakan acara megengan.

“ Memasuki bulan Ramadhan ada banyak tradisi yang dilakukan masyarakat kita untuk menyambut kedatangan bulan penuh rahmah ini. Di antaranya adalah khataman Al-Quran dan megengan. “, jelas Kepala Badan Kepegawaian, Abdul Halim.

Beliau menjelaskan pula tradisi yang berasal dari jawa dan dilakukan oleh masyarakat sejak zaman dahulu, berasal dari kata “megeng” yang dalam bahasa Indonesia bermakna menahan, dan terkandung maksud menahan diri dari sekarang untuk menyabut datangnya bulan puasa

 “Kegiatan megengan ini ditandai dengan adanya kue apem. Kue apem sebenarnya adalah ungkapan dari rasa permintaan maaf secara tidak langsung kepada para tetangga kita. Apem berasal dari kata afwum yang artinya meminta maaf, yang maksudnya untuk saling memaafkan dan mohon ampunan kepada Allah SWT.”, ungkapnya.

“Semoga kita mendapatkan banyak pahala dan ampunan di Bulan Ramadhan tahun ini. Dan diberi kelancaran menjalankan puasa di bulan Ramadhan tahun ini.Aamiin.”, tambahnya.