(0335) 8401552 bkpsdm@probolinggokab.go.id Jl. Raya Panglima Sudirman No. 134 Kraksaan-Probolinggo
Berita

BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH, MELAKSANAKAN PENILAIAN POTENSI DAN KOMPETENSI BAGI JABATAN PENGAWAS (PEJABAT ESELON IV) TAHUN 2019

Kraksaan, Badan Kepegawaian daerah sedang melaksanakan assessmen bagi pejabat pengawas atau pejabat eselon IV di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo yang dilaksanakan pada dua angkatan dengan jumlah peserta 45 orang yaitu angkatan pertama pada tanggal 15 s/d 16 April 2019 sedangkan angkatan kedua dilaksanakan pada tanggal 22 s/d 23 April 2019 yang bertempat di ruang pertemuan Tengger, Kantor Bupati  Probolinggo Jl. P Sudirman No. 134 Kota Kraksaan.

Memperhatikan amanah undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) pasal 16 bahwa setiap jabatan ditetapkan sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan, pada pasal 68 menyebutkan bahwa pengangkatan PNS dalam jabatan tertentu ditentukan berdasarkan perbandingan obyektif antara kompetensi, kualifikasi, dan persyaratan yang dibutuhkan oleh jabatan dengan kompetensi, kualifikasi, dan persyaratan yang dimiliki pegawai guna mendapatkan data profil pegawai terkait pengalaman kerja, profil kompetensi, kualifikasi, keahlian, dan potensi tersebut perlu dilakukan pemetaan terhadap pegawai dalam organisasi. Pemetaan pegawai salah satunya dapat dilakukan melalui assessmen potensi dan kompetensi pegawai.

     Dengan adanya assessmen bagi pejabat pengawas diharapkan hasil pemetaan ini akan dimanfaatkan dalam manajemen ASN, khususnya dalam penerapan sistem merit dalam melakukan pembinaan dan pengembangan kompetensi dan karir pegawai, serta dasar dalam memberikan promosi jabatan bagi pegawai. Hasil pemetaan kompetensi juga digunakan dalam menjaring pegawai dalam kelompok rencana sukksesi (talent pool) untuk mendukung manajemen karir dan kadernisasi kepemimpinan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

(sumber : Sub bidang pengembangan kompetensi)