(0335) 8401552 bkpsdm@probolinggokab.go.id Jl. Raya Panglima Sudirman No. 134 Kraksaan-Probolinggo
Berita

BKPSDM Gelar Workshop Evaluasi Kinerja Pegawai Tahun 2023 Pada Aplikasi E-Stamina Web

**BKPSDM Kabupaten Probolinggo Gelar Workshop Evaluasi Kinerja Pegawai Tahun 2023**

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Probolinggo menyelenggarakan workshop evaluasi kinerja pegawai tahun 2023 dan harmonisasi dokumen perencanaan kinerja pegawai tahun 2024 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan aplikasi e-Stamina web pada hari Selasa (14/11/2023).

Workshop yang berlangsung di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo ini dihadiri oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto, serta diikuti oleh para admin e-Stamina web dan pejabat perencanaan dari berbagai Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

Selama kegiatan ini, peserta mendapatkan materi dan pedoman teknis secara langsung dari Bidang Pengelolaan Kinerja dan Disiplin Aparatur BKPSDM Kabupaten Probolinggo serta mitra Praktisi IT dari PT Gema Solusindo Utama Surabaya.

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto, menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman para aparatur terkait penilaian pada Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) melalui aplikasi e-Stamina web dengan tepat dan akurat.

Menurut Pj Sekda Heri, workshop ini memiliki nilai penting karena para Aparatur Sipil Negara (ASN) di tingkat pemerintahan daerah memiliki peran strategis dalam pengelolaan negara. Ia menekankan bahwa kinerja ASN tidak hanya bergantung pada TNI/Polri atau pemerintah pusat, tetapi juga diharapkan aktif meningkatkan kinerja di tingkat daerah.

"Presiden dan Men-PANRB terus mengevaluasi kinerja ASN melalui Peraturan Menteri PANRB Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai. Ini menjadi dorongan bagi kita untuk menjadi motor perubahan dalam penyelenggaraan negara," ungkapnya.

Pj Sekda Heri menegaskan bahwa meskipun kebijakan pusat terkadang menambah beban kerja ASN, hal ini mendorong peningkatan kinerja di masa mendatang.

Oleh karena itu, ia berharap agar peserta workshop memahami materi dengan baik sehingga dapat bersama-sama mengevaluasi kinerja di tahun 2023 untuk merencanakan kinerja pada tahun 2024.

"Harapannya dari Men-PANRB adalah untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, mengurangi kemiskinan, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tutupnya.