(0335) 8401552 bkpsdm@probolinggokab.go.id Jl. Raya Panglima Sudirman No. 134 Kraksaan-Probolinggo
Berita

BKPSDM Gelar Orientasi PPPK Angkatan VII, VIII Dan IX

**BKPSDM Kabupaten Probolinggo Gelar Orientasi PPPK Angkatan VII, VIII, dan IX**

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Probolinggo menyelenggarakan orientasi bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) angkatan VII, VIII, dan IX di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo dari tanggal 13 hingga 29 November 2023.

Acara orientasi PPPK ini resmi dibuka oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto, di ruang Probolinggo Region Investment Centre (PRIC) Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo pada Kamis (9/11/2023) siang.

Pembukaan ini dihadiri oleh beberapa pihak, termasuk Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Probolinggo Tutug Edi Utomo, Sekretaris BKPSDM Kabupaten Probolinggo Syamsul Huda, perwakilan Kodim 0820 Probolinggo, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo, RSUD Waluyo Jati Kraksaan, dan RSUD Tongas.

Orientasi PPPK ini diikuti oleh 118 orang tenaga kesehatan PPPK, yang dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap I berupa kurikulum pengenalan tugas dan fungsi ASN melalui pembelajaran mandiri menggunakan Massive Open Online Course (MOOC) yang diakses secara online melalui website http://swajar-pppkpintar.lan.go.id mulai tanggal 13 November 2023.

Sementara Tahap II adalah kurikulum pengenalan nilai dan etika pada instansi pemerintah yang diselenggarakan secara klasikal atau tatap muka mulai tanggal 14 hingga 29 November 2023. Saat pembelajaran tatap muka, peserta tidak diasramakan dan diberikan kegiatan penunjang berupa peningkatan kesegaran jasmani.

Selama orientasi, para PPPK mendapatkan materi tentang Kurikulum dan Mata Pelatihan, serta Pengenalan Nilai dan Etika pada Instansi Pemerintah. Tenaga pengajar berasal dari pejabat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan Kodim 0820 Probolinggo.

Hendra Eko Poernanto, Kepala Bidang Pengembangan dan Kompetensi Aparatur BKPSDM Kabupaten Probolinggo, menjelaskan bahwa orientasi PPPK bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang tugas dan fungsi sebagai ASN, serta nilai dan etika pada instansi pemerintah.

Heri Sulistyanto, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, menegaskan bahwa PPPK memegang peran penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. Ia menekankan pentingnya sikap dan perilaku penuh kesetiaan, moralitas, profesionalisme, tanggung jawab sebagai pelayan publik, serta sebagai perekat persatuan bangsa.

Heri menyatakan bahwa internalisasi nilai dasar (core values) ASN yang ber-AKHLAK memerlukan komitmen yang kuat dari seluruh ASN, termasuk PPPK, dalam mengembangkan budaya kerja yang adaptif, inovatif, responsif, dan berintegritas.

Ia menambahkan bahwa PPPK harus memenuhi kompetensi yang diperlukan untuk mendukung pelayanan publik yang baik dan berkontribusi positif dalam unit kerjanya. Peserta diharapkan mengikuti orientasi ini dengan sungguh-sungguh untuk matang secara intelektual, emosional, dan spiritual serta mampu menjadi bagian dalam mendukung visi Kabupaten Probolinggo dan menerapkan nilai-nilai ASN yang ber-AKHLAK.