(0335) 8401552 bkpsdm@probolinggokab.go.id Jl. Raya Panglima Sudirman No. 134 Kraksaan-Probolinggo
Berita

BKPSDM Gelar Diseminasi Penegakan Integritas Dan Disiplin Pegawai

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Probolinggo menyelenggarakan diseminasi tentang penegakan integritas dan disiplin pegawai. Acara ini digelar di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Sebanyak 150 orang turut serta dalam kegiatan ini, terdiri dari Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, pejabat yang menangani kepegawaian, Koordinator Wilayah Pendidikan, Kepala Puskesmas, unsur BKPSDM Kabupaten Probolinggo, dan perwakilan dari Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Mereka mengikuti materi yang disampaikan oleh narasumber dari unsur BKPSDM Kabupaten Probolinggo dan unsur Inspektorat Kabupaten Probolinggo.

Handik Hariyanto, Kepala Bidang Pengelolaan Kinerja dan Disiplin Aparatur pada BKPSDM Kabupaten Probolinggo, berharap peserta dapat memperoleh informasi, memahami, serta menyampaikan kepada pegawai di instansinya tentang pedoman dalam menjaga integritas dan disiplin pegawai. Hal ini bertujuan untuk menjamin kepatuhan terhadap tata tertib, kelancaran tugas, dan memberikan kepastian hukum dalam menangani kasus terkait kode etik, disiplin, dan netralitas pegawai.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto, menyatakan bahwa memahami tugas dan kewajiban sebagai pegawai sangat penting. Meskipun tugas tersebut diatur oleh peraturan, hasil yang baik akan sulit dicapai tanpa niat dan kemauan yang kuat untuk melaksanakannya.

"Integritas, terbentuk dari komitmen, kejujuran, dan konsistensi, merupakan elemen kunci yang sangat diperlukan. Tingkat disiplin dan integritas seseorang tercermin dari kinerjanya," ujarnya.

Menurut Heri, tingkat disiplin kerja yang tinggi menghasilkan kinerja yang lebih baik. Kemauan untuk berkomitmen, jujur, dan konsisten adalah faktor kunci dalam mencapai profesionalisme. Setiap pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo diharapkan menjalankan tugasnya dengan menjaga kode etik, baik dalam tugas pemerintahan maupun dalam bermasyarakat.

Lebih lanjut, Heri menekankan bahwa dalam menghadapi tahun politik mendatang, setiap pegawai harus menjaga netralitasnya dan tidak memengaruhi atau terpengaruh oleh pihak lain yang dapat mengarah pada ketidaknetralan.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pemahaman terhadap peraturan disiplin pegawai akan meningkat, yang diiringi oleh kepatuhan terhadap aturan yang berlaku. Peningkatan disiplin akan berdampak pada peningkatan kinerja, membantu membangun citra positif institusi Pemerintah Kabupaten Probolinggo," tutupnya.