(0335) 8401552 bkpsdm@probolinggokab.go.id Jl. Raya Panglima Sudirman No. 134 Kraksaan-Probolinggo
Berita

BKPSDM Gelar Orientasi Bagi PPPK

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Probolinggo mengadakan orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Kegiatan orientasi tahap pertama ini diselenggarakan di Diklat BKPSDM Kabupaten Probolinggo, Jalan Raya Dringu Nomor 81, diikuti oleh 160 orang dari tenaga pendidik dan tenaga penyuluh pertanian, yang terbagi dalam 3 gelombang 6 angkatan.

Kepala Bidang Pengembangan dan Kompetensi Aparatur BKPSDM Kabupaten Probolinggo, Hendra Eko Poernanto, menyampaikan bahwa kegiatan orientasi PPPK ini berlangsung selama 3 hari untuk setiap angkatan. Instruktur yang terlibat berasal dari pejabat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) serta Dinas Pertanian (Diperta) Kabupaten Probolinggo, bersama dengan para Kepala Bidang dari BKPSDM Kabupaten Probolinggo.

Selama orientasi, para PPPK ini menerima materi mengenai Kurikulum Pengenalan Tugas dan Fungsi ASN serta Kurikulum Pengenalan Nilai dan Etika yang berlaku dalam lingkungan Instansi Pemerintah.

Hendra menjelaskan bahwa orientasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) ini merupakan implementasi dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK.

"Dalam konteks Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, kegiatan ini merupakan kewajiban bagi Instansi Pemerintah untuk menyelenggarakan orientasi bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yang harus diikuti oleh semua PPPK," tambahnya.