(0335) 8401552 bkpsdm@probolinggokab.go.id Jl. Raya Panglima Sudirman No. 134 Kraksaan-Probolinggo
Berita

Sumpah Janji PNS dan Penyerahan SK PNS kepada 272 CPNS

Pada Jumat, 17 Maret 2023, sebanyak 272 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menerima Surat Keputusan (SK) Bupati Probolinggo tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Acara pengambilan sumpah/janji PNS dan penyerahan SK PNS berlangsung di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo dan dihadiri oleh beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo, termasuk anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Supoyo dan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto.

 

Pengambilan sumpah/janji PNS dipimpin oleh Wakil Bupati Probolinggo, Drs HA Timbul Prihanjoko. Setelah itu, dilakukan penyerahan SK PNS secara simbolis. Acara pengambilan sumpah/janji PNS ditandai dengan kata-kata pelantikan dan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah/janji PNS secara simbolis oleh perwakilan agama Islam, agama Kristen dan Katolik didampingi oleh saksi Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto dan Plt Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo dr Mansur.

 

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko mengingatkan bahwa setiap calon PNS pada saat diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah/janji menurut agama atau kepercayaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ia juga menegaskan pentingnya menghayati isi sumpah/janji tersebut dalam setiap tugas sebagai PNS.

 

“Sumpah/janji yang telah diucapkan pada hakekatnya merupakan kesanggupan saudara terhadap negara dan juga terhadap Tuhan Yang Maha Esa untuk menjalankan tugas dan fungsinya sebagai aparatur pemerintah,” ujar Wabup Timbul.


Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan amanah Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara. Dengan diambilnya sumpah dan janji serta diterimanya SK PNS, artinya para CPNS tersebut resmi menjadi Pegawai Negeri Sipil. Wakil Bupati berharap agar para PNS yang telah diambil sumpah dan janjinya dapat merasa bahagia dan bangga dengan kesempatan ini serta mampu mewujudkan semangat tinggi dan kinerja yang berkualitas dalam menjalankan tugasnya sebagai aparatur pemerintah.