(0335) 8401552 bkpsdm@probolinggokab.go.id Jl. Raya Panglima Sudirman No. 134 Kraksaan-Probolinggo
Berita

BKPSDM bersama PT Taspen Kc Malang dan Bank Mandiri Taspen Sosialisasikan Program Taspen Untuk Peningkatan Kesejahteraan PPPK

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Probolinggo memberikan sosialisasi program Taspen untuk peningkatan kesejahteraan hari tua Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Senin dan Selasa (21-22/11/2022).

Kegiatan yang digelar di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo ini diikuti secara hybrid oleh PPPK dan Kasubag Umum dan Kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) ProbolinggoOPD dan PPPK se-Kabupaten Probolinggo. Rinciannya, 150 lewat offline dan 230 lewat zoom. Narasumber berasal dari PT Taspen.

Kepala BKPSDM Kabupaten Probolinggo Hudan Syarifuddin mengatakan dalam Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, diatur adanya perlindungan bagi PPPK berupa Jaminan Hari Tua, Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian dan bantuan hukum.

“Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian merupakan perlindungan yang dikelola oleh PT. Taspen. Jaminan Hari Tua merupakan manfaat uang tunai yang dibayarkan sekaligus pada saat peserta memasuki usia pensiun, meninggal dunia atau mengalami cacat total tetap,” katanya.

Hudan menjelaskan Jaminan Kecelakaan Kerja yang selanjutnya disingkat JKK adalah perlindungan atas resiko kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja berupa perawatan, santunan dan tunjangan cacat. “Sementara Jaminan Kematian yang selanjutnya disebut JKM adalah perlindungan atas resiko kematian bukan akibat kecelakaan kerja berupa santunan kematian,” terangnya.

Dengan adanya kegiatan ini Hudan mengharapkan segala informasi, ketentuan dan mekanisme tentang ketaspenan dapat diketahui oleh semua PPPK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

“Oleh karenanya kami mohon kepada narasumber dari PT. Taspen untuk menjelaskan segamblang-gamblangnya kepada peserta sosialisasi ini. Saya berpesan kepada semua peserta sosialisasi, baik yang hadir langsung maupun yang mengikuti secara daring untuk mengikuti dan menyimak dengan sungguh-sungguh yang akan dipaparkan oleh PT. Taspen,” pungkasnya.