(0335) 8401552 bkpsdm@probolinggokab.go.id Jl. Raya Panglima Sudirman No. 134 Kraksaan-Probolinggo
Berita

PENYAMAAN PERSEPSI PELATIHAN DASAR CPNS BLENDED LEARNING

Menindaklanjuti penetapan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Persiapan Penyelenggaraan  Latsar Tahun 2021, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Probolinggo menyelenggarakan penyamaan persepsi penyelenggaraan Latsar bertempat di ruang pertemuan jabung III lantai 3 gedung Bupati Probolinggo, Senin (12/04/2021).

Tujuan Acara ini adalah untuk mensosialisaikan terkait perubahan aturan latsar terbaru, terdapat banyak perubahan mengenai teknis Latsar yang akan dilaksanakan dalam waktu mendatang yaitu yang awalnya Latsar dilaksanakan secara Klasikal, kini dikarenakan adanya pandemi Covid 19 maka Latsar berubah teknis pelaksanaanya menjadi Virtual.

Acara ini dibuka oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah H. Doddy Nur Baskoro S.Sos., M.Si. dalam sambutannya beliau mengatakan agar para atasan atau pembimbing latsar agar memberikan waktu atau dibebas tugaskan dalam pekerjaannya, agar  para peserta Latsar dapat konsentrasi dalam mengikuti Latsar ini.

“Tujuan Latsar CPNS yaitu sebagai upaya untuk mengubah pola perilaku dan pola pikir peserta agar dapat menjadi pelayan publik yang profesional berbasis pelayanan prima dengan semangat super moralitas. Salah satu komponen untuk mencapai tujuan tersebut adalah para peserta agar dapat mengikuti dengan penuh, makanya tolong diberikan kebebasan waktu dalam melaksanakan Blended Learning latsar” ungkapnya”

Dilanjut oleh Kepala Bidang Pengembangan dan Kompetensi Aparatur Hendra Eko Poernanto S.AP, Beliau Mengatakan dalam PerLAN 1/2021 dilakukan perubahan mendasar khususnya terkait metode penyelenggaraan Latsar CPNS. Sebelumnya, Latsar diatur hanya dapat dilakukan secara klasikal (dalam kelas dan diasramakan). Namun sekarang, berdasarkan PerLAN ini, Latsar CPNS dapat juga dilakukan secara Blended Learning .

 “Dalam hal terjadi kondisi darurat atau kondisi tertentu, seperti saat pandemi sekarang ini yang tidak memungkinkan sama sekali dilakukannya pembelajaran klasikal, maka Latsar CPNS dapat diselenggarakan secara Distance Learning,” katanya.

  Beliau menambahkan, pada prinsipnya, Blended Learning merupakan metode yang memadukan antara pembelajaran klasikal dan daring, dengan lebih besar porsi pembelajarannya dilakukan secara daring. Sedangkan Distance Learning pada hakekatnya merupakan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan dengan mengoptimalkan teknologi informasi dan komunikasi.

Hendra Mengatakan, metode tersebut membutuhkan kesiapan akses jaringan internet dan sarana pendukung teknologi informasi lainnya. Selain itu, dibutuhkan komitmen bersama antara peserta, tenaga pelatihan, dan lembaga penyelenggara pelatihan, agar pelaksanaan Latsar CPNS secara Blended Learning dan Distance Learning ini dapat berjalan secara optimal. Agar pembelajaran Latsar CPNS secara daring dapat berjalan dengan lancar, BKD memfasilitasi jarinagn internet di dua tempat. Di bagian barat bertempat di ruang pertemuan diklat BKD sedangkan di bagian timur bertempat di ruang madakaripura lantai 5 gedung Bupati Probolinggo.  

Kebijakan pelaksanaan Latsar CPNS pada masa pandemik Covid-19, dalam rangka kewaspadaan dan pencegahan penularan Corona Viruse Disease 2019 maka waktu pelatihan dasar CPNS dipersyaratkan untuk mendapatkan rekomendasi dari Gugus Tugas Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo, Peserta harus melalui uji Rapid Test Antigen/Swab PCR dan surat keterangan sehat bebas dari Covid-19 selama In-Class atau di Asrama. Dalam pelaksanaan Distance Learning diutamakan peserta yang sudah mempelajari dan memahami semua materi yang ada di MOOC (Massive Open Online Course) dan telah melaksanakan evaluasi akademik minimal 1(satu) kali batas kelulusan MOOC sebelum memasuki pembelajaran Klasikal.