(0335) 8401552 bkpsdm@probolinggokab.go.id Jl. Raya Panglima Sudirman No. 134 Kraksaan-Probolinggo
Berita

DATABASE PROFIL KOMPETENSI, REFERENSI PENGEMBANGAN KOMPETENSI PNS

Humas BKN, database profil potensi dan kompetensi hasil program national talent pool (TP) nantinya akan menjadi basis data dalam melakukan pembinaan dan pengembangan kesenjangan kompetensi individual PNS.

Suprana Yusuf menambahkan bahwa TP merupakan sebuah rangkaian kegiatan untuk menyusun database profil kompetensi ASN. “ Dengan profil kompetensi yang tersedia akan memotret secara presisi kompetensi yang dibutuhkan atau dipersyaratkan dalam menduduki satu jabatannya” ujar supranawa.  “Pengelola kepegawaian instansi peserta TP akan dapat mengetahui kekuatan SDM dari segenap PNS yang mengikuti TP dari instansinya” ucap Supranawa.

Hasil Talent pool ini dapat menjadi pertimbangan dalam melakukan promosi atau reposisi berdasarkan penilaian yang obyektif. Selain itu penguatan manajemen ASN yang profesional berbasis sistem merit akan dapat mewujudkan ASN yang berintegritas dan profesional. Hal ini merupakan salah satu prasyarat untuk dapat melahirkan birokrasi yang berkinerja tinggi yaitu melalui sistem promosi jabatan secara terbuka, kompetisi sehat, dan berbasis kompetensi. “maka salah satu langkah strategis yang dilakukan BKN sebagai pembina dan penyelenggara penilaian kompetensi ASN yaitu menyiapkan database potensi dan kompetensi JPT pratama, Administrator, dan JF Madya atau lebih dikenal dengan nama Talent Pool” ungkap Supranawa.

Penyelenggaraan kegiatan TP memedomani Perban BKN nomor 26 Tahun 2019 tentang pembinaan penyelenggaraan penilaian kompetensi PNS. Penilaian kompetensi ini menggunakan metode Assesment center dengan standart kompetensi sesuai dengan PermenPANRB nomor 38 tahun 2017 tentang standart kompetensi jabatan ASN dan PermenPANRB nomor 3 tahun 2020 tentang Manajemen ASN. Data pusat penilaian kompetensi aparatur negara (Puspenkom ASN ) mencatat bahwa pelaksanaan pemetaan/penilaian kompetensi dalam rangka penyusunan Talent Pool JPT Pratama, Administrator, JF Madya diawal April ini dilakukan secara paralel pada dua wilayah kerja Kanreg BKN. (6/4/21)