(0335) 8401552 bkpsdm@probolinggokab.go.id Jl. Raya Panglima Sudirman No. 134 Kraksaan-Probolinggo
Berita

BKD MELAKUKAN PEMUKTAHIRAN DATA KEPEGAWAIAN

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Melaksanakan Pemuktahiran Data Pegawai dilaksanakan di Ruang Tengger Lantai 4 Gedung Bupati Probolinggo Jl. Raya Panglima Sudirman No.134 Kraksaan. Acara ini diselenggarakan selama dua hari, Rangkaian kegiatan Pemuktahiran Data Pegawai tersebut diikuti oleh Pejabat/Pengelola yang membidangi kepegawaian diseluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo, di hari kedua giliran lingkup Koordinator Wilayah (Korwil) Pendidikan dan Dinas pendidikan Kabupaten Probolinggo Sebanyak 24 Korwil.

Tujuan pertemuan ini adalah untuk Memuktahirkan Data Pegawai di SIMPEG khusunya email dan Nomor telpon, Karena kedepan Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan menerapkan Single sing On (SSO). Tidak hanya itu, Data SIMPEG akan menjadi Pusat data dari berbagai Aplikasi kepegawaian Lingkup Kabupaten Probolinggo misal DFS, SIKEPPO, ABSENSI, EKGB, dan  TPP.

Acara dibuka oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah H. Doddy Nur Baskoro, S.Sos.,M.Si,.Dalam sambutannya beliau menerangkan akan pentingnya melengkapi data pegawai dan menjadikannya dalam bentuk digital.

“semua data discan dan uploud di aplikasi , nanti sewaktu kita butuh tinggal kita download, kan enak tidak usah kesana kesini cari berkas, tidak ada kata lupa. Kedepan pengusulan KP, Pensiun dan yang lain akan menerapkan berkas digital, karena BKN sudah tidak mau menerima berkas berupa kerta. Sudah menerapkan paperless” Katanya.

Dilanjut oleh Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, Data dan Informasi Sukartadi S.Si.,M.Si,., Beliau Mengatakan Bahwa Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian harus mampu mengumpulkan data-data pegawai dan diolah menjadi informasi menggunakan aplikasi untuk penatausahaan kepegawaian, Tidak hanya itu Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai peran penting dalam memngelola hal-hal yeng mengenai kepegawaian, maka dari itu harus kompeten dan menguasai aturan-aturan kepegawaian, mulai dari rekrutmen, pengangkatan, penempatan, promosi, mutasi, dan pensiun. 

Dalam acara ini dilakukan pemaparan oleh Kepala Sub Bidang Data dan Informasi Sri Kustanti, S.Si., M.Eng., dalam paparannya beliau memberi gambaran terkait singkronisasi Data yang terpusat di Data SIMPEG.

“Singkronisasi Data ini akan terpusat di Aplikasi SIMPEG, dimana Aplikasi-Aplikasi yang lain akan mengandalkan Data di SIMPEG. Maka perlu kita lengkapi data di SIMPEG, misal Data Riwayat Pangakt pengaruh ke Aplikasi EKG, Riwayat Mutasi Pengaruh ke TPP, Email dan Nomor Hp pengaruh MySAPK dan Data Diklat Pengaruh ke IPASN” ungkapnya.

Dalam upaya memperoleh hasil yang optimal, membutuhkan komitmen bersama semua OPD. Setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo dihimbau agar segera memperbaiki data kepegawaiannya jika data yang ada sudah tidak update lagi.