(0335) 8401552 bkpsdm@probolinggokab.go.id Jl. Raya Panglima Sudirman No. 134 Kraksaan-Probolinggo
Berita

VAKSINASI COVID-19 TAHAP II UNTUK ASN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN PROBOLINGGO

Pegawai Pemerintah Kabupaten Probolinggo daerah Kraksaan  mulai dilakukan penyuntikan vaksinasi Covid-19 serentak untuk tahap 2 dosis 2, Jum’at (12/3/2021).

Pemberian vaksinasi Covid-19 tersebut menjadi upaya perlindungan bagi ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo yang telah berinteraksi dengan sesama pegai dan juga telah melakukan pelayanan kepada masyarakat.  Namun pemberian vaksinasi ini bukan satu-satunya agar terhindar dari penularan Covid-19, protokol kesehatan juga tetap harus dijalankan. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis 2 bagi Pegawai Pemerintah yang berada dikraksaan ini dipusatkan di 4 (lempat) titik. Yakni, RSUD Waluyo Jati Kraksaan, Puskesmas Kraksaan, RS Graha Sehat serta RSIA Fatimah Kabupaten Probolinggo.

Ratusan Pegawai Pemerintah Kabupaten Probolinggo ini di vaksin oleh petugas vaksinator yang sudah mendapatkan pelatihan dari Badan Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Semarang. Sejak pukul 08.00 WIB mereka sudah berada di lokasi vaksinasi sesuai jadwal yang sudah diterimanya.

Saat tiba di lokasi vaksinasi, mereka langsung melakukan registrasi di meja registrasi dengan membawa KTP dan Hasil Vaksin Covid-19 tahap 1 dosis 1 lalu dilanjutkan dengan screening di meja yang lain untuk pengecekan suhu tubuh, pengukuran tensi darah dan pemeriksaan anamnesa. Apabila lolos di screening, maka dilakukan proses penyuntikan vaksin pada meja selanjutnya. Usai divaksin, mereka harus menunggu selama 30 menit untuk mengetahui Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau untuk melihat reaksi setelah divaksin sehingga peserta diistirahatkan sejenak. Setelah itu menuju tahap terakhir untuk melakukan verifikasi by sistem bahwa telah divaksin dan untuk mendapatkan surat keterangan pada kartu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo turut serta dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap 2 dosis 2 di RSUD Waluyo Jati Kraksaan.

Tiba di lokasi vaksinasi Covid-19 sekitar pukul 08.15 WIB dan langsung melakukan registrasi di meja 1 serta screening di meja 2. Dari hasil screening, Sekda H. Soeparwiyono lolos dan langsung disuntik vaksin di meja 3.­­

Sembari menunggu hasil surat keterangan sudah vaksin dari meja 4, Sekda H. Soeparwiyono sedikit memberi sepatah kata  “Vaksin ini merupakan salah satu bentuk upaya bersama untuk mencegah supaya tidak terkonfirmasi positif Covid-19. Saya berharap kepada masyarakat kalau memang sudah waktunya untuk divaksin, maka segeralah vaksin. Karena vaksin ini aman dan halal,” katanya.